5 Faktor Yang Menjadi Motivasi Bagi Seorang Mahasiswa

kata mutiara perjuangan mahasiswa | kata bijak mahasiswa tingkat akhir | motivasi mahasiswa baru | kata kata mahasiswa aktivis | kata kata mahasiswa lucu | motivasi kuliah mario teguh | kata kata mahasiswa gokil | motivasi kuliah di perguruan tinggi | motivasi mahasiswa semester akhir

5 Faktor Yang Menjadi Motivasi Bagi Seorang Mahasiswa

HAL YANG MENJADI MOTIVASI BAGI DIRI SEORANG MAHASISWA

5 Hal Yang Menjadi Motivasi Bagi Seorang Mahasiswa – Perkuliahan telah menjadi suatu tingkat tertinggi dari suatu pendidikan bagi seseorang yang di sebut pelajar.dalam proses perkuliahan itu sendiri memproses seseorang untuk jadi lebih dewasa. tanggung jawab suatu perkuliahan itu bukan semata tanggung jawab mahasiswa itu sendiri tetapi ia membutuhkan keterlibatan orang lain yaitu orang tua, dosen-dosen pengajar, lingkungan kampus,serta lingkungan pertemanan yang terjalin dalam proses itu.namun yang paling utama tidak terlepas dari tanggung jawab serta ketelibatan dalam diri mahasiswa itu sendiri untuk mendorong dirinya agar lebih baik serta dapat menyelesaikan tugas perkuliahan untuk masa depan dewasanya yang terbaik. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi motivasi yang positif bagi diri mahasiswa agar lebih baik dan semangat untuk menerima serta menjalankan perkuliahannya. karena sesungguhnya mahasiswa itu juga butuh motivasi positif bagi dirinya dari lingkungan terdekatnya. 
1. Dukungan keluarga ( orang tua )Dalam hal ini sebaiknya dan seharusnya memberikan perhatian lebih kepada anaknya walaupun bagi sebagian orang mengatakan jika telah menjadi mahasiswa artinya seseorang itu telah dewasa jadi tidak butuh diperhatikan, namun pendapat itulah yang salah, sebaliknya peranan keluaraga ( orang tua ) disini adalah untuk penyemangat serta orang yang menanamkan pengalaman hidup yang lebih baik dan dapat diambil baik dalam perkuliahan maupun ketika keluar untuk perjuangan hidup yang sebenarnya. Cara memberikan dukungan tersebut adalah dengan memberikan perhatian serta kasih sayang kepada anaknya agar anakpun merasakan hal yang nyaman serta damai dalam keluarga. maka diri mahasiswa itu tercipta semangat untuk hal yang baik. 
2. Dukungan dari para Dosen Dalam proses perkuliahan mahasiswa slalu berhadapan dengan dosen-dosen pengajarnya. Secara tidak langsung dosen-dosen pengajar tersebut merupakan orang tua kedua bagi mahasiswa itu setelah orang tua dirumah. maka disinilah peranan serta dukungan dosen di perlukan agar menjadi seorang motivator yang sukses untuk diri mahasiswa-mahasiswanya. Caranya dosen tersebut harus menjadi teman serta orang yang dapat dijadikan contoh untuk mahasiswanya. Buatlah mahasiswa-mahasiswa nyaman serta suka kepada diri dosen itu karena dari suka kepada dosennya secara tidaklangsung pelajaran yang diajar dosen tersebut juga akan disukai mahasiswa itu. 
3. Dukungan Pertemanan yang positif Peranan pertemanan disini adalah untuk mengembangakan perkenalan diri mahasiswa dengan dunia orang lain. agar mahasiswa dapat melihat kehidupan bukan hanya dari saru sisi saja tetapi dari sisi-sisi yang berbeda. Tetapi dalam pertemanan haruslah yang memberikan hal yang positif bukan nya hal yang negatif. dari proses pertemanan itu mahasiswa dapat lebih mengembangan dirinya serta dapat mengerti bahwa hidup itu membutuhkan orang lain yang dapat mengerti serta menjadi tempat untuk bersama melengkapi hidup. 
4. Dukungan Lingkungan perkuliahan Lingkungan perkuliahan disini adalah fasilitas-fasilitas yang terdapat di kampus dan bagaimana lingkungan saat mahasiswa itu mendapatkan pelajaran. Kampus yang baik adalah kampus yang dapat menyediakan berbagai fasilitas yang sesuai kebutuhan baik mahasiswanya. agar mahasiswa itu lebih baik lagi ilmunya bukan ilmu materi saja yang di dapat tetapi sofkillpun dapat tercipta dari fasilitas kampus tersebut. 
5. Dukungan serta dorongan dari dalam diri mahasiswa itu sendiri Hal tersebut merupakan hal yang paling pokok yang harus dimiliki dalam diri mahasiswa itu.karena tanpa dorongan dari dalam diri sendiri akan percuma walaupun mendapatkan hal-hal positif dari orang lain.karena dorongan diri sendiri itulah yang secara langsung terkait dengan sugesti pada diri seseorang. jika sugesti yang tercipta positif maka akan positif pula yang dilakukan tetapi begitupun sebaliknya. Sebaiknya hal-hal yang berhubungan dengan dunia kemahasiswaan itu menjadi hal yang baik kedepannya.maka dari itulah dibutuhkan kerjasama serta komunikasi yang baik pula dari diri mahasiswanya dengan orang sekelilingnya yang berhubungan atau mengenal mahasiswa itu, agar tercipta diri serta sifat yang bukan hanya baik serta pintar saja bagi diri mahasiswa itu tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *