10 Waktu Yang Baik Untuk Berdoa Agar Cepat Dikabulkan

10 Waktu Yang Baik Untuk Berdoa Agar Cepat Dikabulkan

Berdoa merupakan ibadah yang biasa dilakukan oleh umat beragama. Begitu Juga dengan agama islam. berdoa memberikan kita ketenangan lahir dan batin yang sangat luar biasa. Dengan Doa juga bisa mendekatkan diri kita kepada tuhan semesta alam Allah S.W.T. Perlu anda ketahui ada waktu yang baik untuk berdoa agar cepat dikabulkan. Kapankah waktu tersebut? ternyata ada waktu waktu tertu untuk berdoa agar cepat dikabulkan oleh Allah S.W.T. Memanglah Berdoa itu tidak kenal waktu dan tempat, kita bisa berdoa diamanapun dan kapanpun. Baiklah daripada penasaran yuk simak penjelasan berikut tentang 10 waktu yang baik untuk berdoa agar cepat dikabulkan.

Waktu Yang Baik Untuk Berdoa

1. Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Waktu yang pertama adalah saat sepertiga malam terakhir, waktu malam terakhir itu dimulai sekitar jam 1.30 sampai Adzan sebelum subuh. mungkin diantara kita akan sulit bangun di jam jam tersebut. jika kita memiliki niat yang kuat Insyaallah anda akan dibangunkan pada waktu tersebut.  Namun kamu juga harus mengetahui bahwa dipertengahan malam disetiap malamnya, Allah S.W.T meninggalkan Arsy dan turun kemuka bumi. hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi

Allah S.W.T akan turun kebumi di sepertiga malam terakhir dan berkata “Barang siapa yg berdoa, maka akan ku kabulkan, barang siapa yg memohon pasti akan aku perkenankan dan barang siapa yg meminta ampun, pasti aku mengampuni-nya” ( HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Abi ‘Ashim ).

Rasulullah s.a.w bersabda. Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon tentang urusan dunia atau akhirat maka Allah akan mengabulkannya”. ( HR. Ibnu Majah )

Terbangun tanpa sengaja pada malam hari. (An-Nihayah fi Gharibil Hadits 1/190) Yang dimaksud dengan “ta’ara minal lail” terbangun dari tidur pada malam hari.

2. Waktu Ketika Selesai Salat Wajib 

Waktu yang kedua adalah ketika kita selesai menunaikan ibadah salat wajib. seberapa sering kita mengabaikan pentingnya berdoa setelah salat wajib. tetapi inilah salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah ketika kita selesai salat, hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi.

Dari Abu Umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu. ( HR. Tirmidzi )

Baca Juga : Azab Israel Karena Melarang Adzan

3. Waktu Ketika Malam Lailatul Qadar

Waktu yang ketiga adalah ketika malam Lailatul Qadar, Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Malam Lailatul Qadar ini terjadi pada 10 malam terakhir dibulan ramadhan. Akan tetapi, Allah tidak memberitahu kapan waktu spesifik malam Lailatul Qadar, Allah hanya memberi isyarat malam Lailatul Qadar terjadi di 10 malam terakhir dibulan ramadhan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

Imam Asy-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan. (Tuhfatud Dzakirin hal. 56)

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. ( Qs. Al-Qadr 97: 3-5 )

 4. Waktu Ketika Antara Adzan dan Iqamah

Waktu yang keempat untuk berdoa mustajab adalah antara Adzan dan Iqamah, Syaikh Said Al Qohthoni mengatakan, “Adzan dikumandangkan untuk memberitahukan bahwa waktu salat telah tiba, oleh karena itu harus diperkirakan waktu yang mencukupi untuk bersiap-siap solat di masjid, jika tidak begitu maka adzan tidak akan ada manfaatnya, mengingat banyak orang yang hendak menaikah ibadah salat berjamaah. Orang yang sedang minum, makan, atau belum berwudhu, orang yang sedang buang hajat,  saat terdengar adzan jika masih meneruskan mengerjakan kegiatannya itu atau langsung berwudhu maka ia akan ketinggalan salat berjamaah (masbuk) atau tidak mendapatkan salat jamaah sama sekali disebabkan iqamah terlalu cepat dan tidak ada jeda yang cukup antara adzan dan iqamah, lebih-lebih jika jarak rumah jauh kita dari masjid.”

Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”. ( HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi )

 5. Waktu Ketika Saat Jihad Fii Sabilillah

Waktu yang kelima adalah disaat Jihat Fii Sabilillah. lebih tepatnya saat kita umat agama islam berperang dalam membela agama islam.

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

6. Waktu Ketika Turunnya Hujan

Waktu keenam adalah dimana saat turunnya hujan. diantara kita mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa disaat turun hujan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. karena turunya hujan adalah rahmat dari Allah S.W.T untuk setiap penguni yang ada dimuka bumi. Hal ini diperkuat dengan hadist yang berbunyi.

Doa tidak akan ditolak pada 2 waktu, yaitu ketika antara adzan dan iqamah dan ketika turunnya hujan” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

Baca Juga : 10 Karakter atau Ciri Khas Pribadi Muslim Sejati

 7. Waktu ketika Hari Jumat

Waktu yang ketujuh adalah pada hari jumat. jika kita mengetahui bahwa hari jumat merupakan hari paling utama daripada hari yang lainnya. Allah S.W.T sangat memuliakan hari Jumat dengan memberi semua keberkahannya.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Abul Qasim saw bersabda. Sesungguhnya pada hari Jum’at ada satu saat yang tidak bertepatan seorang hamba muslim shalat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut”. ( HR. Muttafaqun Alaihi )

Waktu yang sedikit itu tidak dapat diketahui secara persis dan setiap setiap riwayat menyebutkan waktu tersebut terdapat secara beda-beda, sebagaimana yang telah disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 11/203. Dan berkemungkinan besar bahwa waktu tersebut berada pada saat imam atau khatib naik ke mimbar hingga selesainya saalat Jumat atau hingga selesai waktu salat ashar bagi orang yang menunggu salat magrib.

8. Waktu Ketika Dalam Posisi Sujud Dalam Keadaan Salat

Waktu yang kedelapan adalah dimana ketika bersujud dalam sholat. hal ini diperkuat dengan dalil yang berbunyi.

Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. ( HR. Muslim )

dan riawayat lainya.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: Yang paling dekat seorang hamba pada Rabbnya ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah kalianlah berdoa. ( HR. Muslim, Abu Daud, Nasa’i dan Ahmad )

9. Waktu Berdoa Disaat Ditimpa Oleh Suatu Musibah

Waktu yang kesembilan adalah ketika dimana kita sedang terkena musibah. disaat ketika kita terkena musibah, itu adalah salah satu waktu dimana kita sangat dekat kepada Allah SWT yang dimana doa kita mustajab. Saat terkena musibah juga tidak jarang kita memanjatkan doa kepada Allah S.W.T untuk segera bangkit dan keluar dari musbiah tersebut.


10. Waktu Ketika Berdoa Disaat Terzalimi

Waktu yang kesepuluh adalah doa orang yang sedang terzalimi atau tertindas, Berhati-hatilah jangan sampai kalai menzalimi seseorang karena doa orang yang terzalimi itu doa mereka tak akan pernah terhalang oleh langit dan langsung kepada Allah S.W.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *